21 January 2013

Prosedur Perawatan Kolostomi

Kali ini saya akan berbagi tentang Standar perawatan klostomi kepada kamu. Semoga standar perawatan kolostomi ini bisa menjadi referensi bagi kamu dalam melakukan Standar perawatan klostomi di rumah sakit. Selamat membaca
  1. Pengertian Standar perawatan klostomi
    • membersihakan stoma, kulit sekitar stoma, dan mengganti balutan kantong kolostomi secara berkala sesuai kebutuhan

19 January 2013

Asuhan Keperawatan : Patologi Nifas

Assalamu alaikum. Kali ini saya akan berbagi ke pada kamu tentang Asuhan Keperawatan : Patologi Nifas,  semoga bisa memberikan manfaat buat menambah ilmu kamu tentang masalah keperawatan. Selamat membaca.
KONSEP MEDIS

Nifas ( Pueperium ) adalah masa mulai setelah persalinan selesai danberakhir selama 6 minggu atau 42 hari, merupakan waktu diperlukan untukpulihnya alat ± alat kandungan pada keadaan yang normal. Selama masa nifasdapat terjadi beberapa masalah yang terjadi. Ada 4 masalah utama yaitu: perdarahan post partum,infeksi masa nifas,tromboemboli,depresi pasca persalinan.

18 January 2013

Asuhan Keperawatan : jantung kongenital pada anak

Pada posting kali ini, saya akan menjelaskan tentang Asuhan keperawatan jantung kogenital. semoga bisa bermanfaat bagi kamu. Selamat membaca.
Penyakit jantung pada anak-anak
Anak-anak yang kelebihan berat badan sering menjadi orang dewasa gemuk. Mereka akan menghadapi risiko kardiovaskular yang datang dengan obesitas.. Tingkat di mana anak-anak berat badan juga dapat menjadi faktor. Jika anak Anda memiliki berat badan lebih cepat daripada anak-anak lain,

Asuhan Keperawatan : Hipertensi pada Lansia

Posting kali ini akan menjelaskan tentang asuhan keperawatan hipertensi pada lansia. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu. Selamat membaca.

KONSEP MEDIS

A.    PENDAHULUAN
Lanjut usia adalah bagian dari proses tumbuh kembang. Manusia tidak secara tiba-tiba manjadi tua, tetapi berkembang dari bayi, anak-anak, dewasa dan akhirnya menjadi tua. Hal ini normal, dengan perubahan fisik dan tingkah laku yang dapat diramalkan yang terjadi pada semua orang pada saat mereka mencapai usia tahap perkembangan kronologis tertentu. Lansia merupakan suatu proses alami yang ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Semua orang akan mengalami proses menjadi tua dan masa tua merupakan masa hidup manusia yang terakhir. Dimana seseorang mengalami kemunduran fisik, mental dan sosial scara bertahap (Lilik Ma’rifatul azizah, 2011).

Asuhan Keperawatan : Atresia Oesofagus

Kali ini saya akan berbagi ke pada kamu tentang Asuhan Keperawatan Atresia Oesofagus. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu. Selamat membaca

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Atresia esofagus merupakan kelainan kongenital yang ditandai dengan tidak menyambungnya esofagus bagian proksimal dengan esofagus bagian distal. Atresia esofagus dapat terjadi bersama fistula trakeoesofagus, yaitu kelainan kongenital dimana terjadi persambungan abnormal antara esofagus dengan trakea.

12 January 2013

Format Pengkajian Gerontik


Format Pengkajian Gerontik-Berikut ini adalah Format penkajian gerontik dengan per sistem. Selamat membaca.


A.   Data Umum
Nama                                            : ……………………
Umur                                             : …………………...
Jenis kelamin                                :…………………….
Pekerjaan saat ini                         :…………………….
Pekerjaan sebelumnya                 :…………………….
Keluarga yang dapat dihubungi    : ………………… ..
Telp                                               : ……………………
Riwayat jatuh/injuri : (penyebab, gejala, tempat jatuh)…………………………………
Riwayat penyakit dahulu : …………………………………………………………………
Riwayat penggunaan obat-obatan :……………………………………………………...

11 January 2013

Pemberian Imunisasi

Pemberian Imunisasi-pada posting kali ini saya akan berbagi kepada kamu tenyang Pemberian imunisasi/vaksin. semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Pengertian
Pemberian imunisasi merupakan upaya yang dilakukan untuk memberikan kekebalan pada bayi dan anak dengan memasukkan vaksin ke dalam tubuh agar tubuh membuat zat anti untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu.

10 January 2013

Asuhan Keperawatan Kecemasan

Kali ini saya membagikan asuhan keperawatan kecemasan. selamat membaca.
A.   Pengertian
Kecemasan (ansietas) adalah sebuah emosi dan pengalaman subjektif dari seseorang dengan kata lain cemas adalah suatu keadaan yang membuat seseorang tidak nyaman dan terbagi dalam beberapa tingkatan. Jadi, cemas berkaitan dengan perasaan yang tidak pasti dan tidak berdaya.
Kecemasan atau ansietas adalah istilah yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari yang menggambarkan keadaan khawatir,gelisah yang tidak menentu,takut,tidak tenteram,kadang-kadang disertai berbagai keluhan fisik.

Asuhan Keperawatan DBD


Kali ini saya akan mebagi ke pada teman teman tentang Asuhan Keperawatan DBD/DHF.
A.   KONSEP DASAR MEDIS
1.    Pengertian
a.       DHF (Dengue Hemorragic Fever) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh empat serotipe virus dengue dan ditandai dengan empat gejala klinis utama yaitu demam tinggi, manifestasi perdarahan, hepatomegali dan tanda kegagalan sirkulasi sampai timbul renjatan (sindrom renjatan dengue) sebagai akibat dari kebocoran plasma yang dapat menyebabkan kematian.
(Soegeng Soegijanto, 2002)
b.      DHF (Dengue Haemorragic Fever) adalah merupakan penyakit anak yang disebabkan oleh virus dengue yang termasuk golongan arbovirus melalui gigitan nyamuk Aedes aegipty betina.(A.Aziz alimul hidayat,2005).
c.       DHF (Dengue Haemorragic Fever) atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegipty.
(DR. Nursalam, 2005)
d.      Demam Berdarah Dengue (DBD) ialah penyakit yang terdapat pada anak dan dewasa dengan gejala utama demam, nyeri otot dan sendi dan biasanya memburuk setelah 2 hari pertama. (Arif Mansjoer, 2000).
e.       Penyakit demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue I, II, III, dan IV yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegepti dan Aedes albopictus. (Soegeng Soegijanto, 2002)

9 January 2013

Asuhan Keperawatan Angina Pektoris


Pada posting kali ini, saya akan membagikan ke pada teman teman tentang asuhan keperawatan angina pektoris. Semoga askep angina pektoris ini bisa bermanfaat untuk anda.
KONSEP MEDIK

A.      PENGERTIAN
Angina pektoris adalah nyeri dada yang ditimbukan karena iskemik miokard dan bersifat sementara atau reversibel. (Dasar-dasar keperawatan kardiotorasik, 1993).
Angina pektoris adalah suatu sindroma kronis dimana klien mendapat serangan sakit dada yang khas yaitu seperti ditekan, atau terasa berat di dada yang seringkali menjalar ke lengan sebelah kiri yang timbul pada waktu aktifitas dan segera hilang bila aktifitas berhenti. (Prof. Dr. H.M. Sjaifoellah Noer, 1996). Angina pektoris adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis rasa tidak nyaman yang biasanya terletak dalam daerah retrosternum (Penuntun Praktis Kardiovaskuler).
B.       ETIOLOGI
Angina Pectoris disebabkan oleh karena berkurangnya aliran darah ke arteria coronaria yang salah satu penyebabnya adalah aterosclerosis, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara suplai oksigen ke myocardium dan kebutuhan oksigen.

Asuhan Keprawatan Ikterik pada Bayi

Askep ikteri pada Bayi-Sewaktu bayi  masih berada dalam rahim (masih dalam bentuk janin), maka tugas membuang bilirubin dari darah janin dilakukan oleh plasenta. Hati/liver si janin tidak perlu membuang bilirubin.
Ketika bayi sudah lahir, maka tugas ini langsung diambil alih oleh hati/liver-nya. Karena liver-nya belum   terbiasa melakukannya, maka jangan kaget jika ternyata ia memerlukan beberapa minggu untuk penyesuaian.
Selama liver bayi  bekerja keras untuk menghilangkan bilirubin dari darahnya, tentu saja jumlah bilirubin yang tersisa akan terus menumpuk di tubuhnya. Karena bilirubin berwarna kuning, maka jika jumlahnya sangat banyak, ia dapat “menodai” kulit dan jaringan-jaringan tubuh lainnya yang dimiliki oleh bayi Anda.
Hiperbilirubinemia merupakan kenaikan tingkat bilirubin pada bayi. Ketika tubuh bayi mengganti sel-sel darah merah dan jaringan tubuh lainnya dengan yang baru, maka hasil pembuangan dari proses ini biasanya akan dihilangkan oleh hati/liver. Bilirubin termasuk salah satu hasil pembuangan tersebut.
ikteri pada Bayi/Ikterus fisiologik adalah ikterus yang timbul pada hari kedua dan ketiga yang tidak mempunyai dasar patologis, kadarnya tidak melewati kadar yang membahayakan atau mempunyai potensi menjadi “kernicterus” dan tidak menyebabkan suatu morbiditas pada bayi.
Ikterus patologik adalah ikterus yang mempunyai dasar patologis atau kadar bilirubinnya mencapai suatu nilai yang disebut hiperbilirubin. Askep ikteri pada Bayi

8 January 2013

Teknik Pememriksaan Kehamilan (Leopold)

Teknik Pemeriksaan Kehamilan (Leopold)- Dalam melakukan pemerikasaan kehamilan, kita mengenal istilah pemeriksaan Leopold. Adapun pemeriksaan leopold sendiri dibagi atas beberapa pemeriksaan yaiti Leopold I, Leopol II, Leopold III dan leopold IV. Teknik pemeriksaan kehamilan Leopold dapat kita lakukan dengan langkah-langkah sebagai bberikut:

7 January 2013

Asuhan Keperaeatan Gastritis

KONSEP MEDIS

1. Definisi

Gastritis adalah inflamasi dari mukosa lambung. Gastritis merupakan suatu keadaan peradangan atau perdarahan mukosa lambung yang dapat bersifat akut, kronis, difus atau lokal (Patofisiologi, Sylvia A Price hal 422)
Gastritis adalah Suatu peradangan permukaan mukosa lambung yang akut dengan kerusakan kerusakan erosi.
Gastritis merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai diklinik Penyakit Dalam ( IPD jilid II Edisi 3)
Gastritis terbagi dua yaitu :
Gastritis akut
Kelainan klinis akut yang jelas penyebabnya dengan tanda dan gejala yang khas. Biasanya ditemukan sel inflamasi akut dan neurofil. Salah satu bentuk gastritis akut yang sering dijumpai di klinik ialah gastritis akut erosi
Gastritis Kronis
Inflamasi lambung yang lama fapat disebabkan oleh ulkus benigna atau maligna dari lambung, atau oleh bakteri Helicobacter pylory
Penyebabnya tidak jelas, sering bersifat multifactor dengan perjalanan klinik yang bervariasi. Kelainan ini berkaitan erat dengan infeksi H.pylor (Erfandi, 2009)
2. Etiologi
Penyebab dari Gastritis dapat dibedakan sesuai dengan klasifikasinya:
Gastritis Akut
Penyebab penyakit ini, antara lain :
Obat- obatan : Aspirin , obat anti inflamasi nonsteroid ( AINS )
Alkohol
Gangguan mikrosiskulasi mukosa lambung : trauma, luka bakar, sepsis. Stress Fisis : Luka bakar, sepsis, trauma pembedahan , dll.
Secara Makroskopik terdapat lesi erosi mukosa dengan lokasi berbeda. Jika ditemukan pada korpus dan fundus, biasanya disebabkan karena stress. Jika disebabkan karena obat-obatan AINS, Terutama ditemukan didaerah antrum, namun dapat juga menyeluruh. Sedangkan secara mikroskopik, terdapat erosi dengan regenerasi epitel, dan ditemukan reaksi sel inflamasi neutrofil yang minimal
Gastritis Kronik
Penyebab dan patogenesis pada umumnya belum diketahui Gastritis ini merupakan kejadian biasa pada orang tua, dan Sering dijumpai bersama dengan penyakit lain Beberapa peneliti menghubungkan dengan proses imunologi .

Prosedur Pemasangan Infus




  • Pengertian. Prosedur pemasangan infus (pemasangan infus) adalah memasukkan cairan atau obat langsung ke dalam vena dalam jumlah dan waktu tertentu dengan menggunakan infus set.
  • Tujuan Prosedur pemasangan infus
    • rehidrasi
    • tindakan sebelum transfusi darah
    • tindakan pra dan pasca bedah
    • memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pasien yang mengalami gangguan

  • Persiapan pasien Prosedur pemasangan infus
    • Pasien berbaring di atas tempat tidur
    • pasien diberikan penjelasan tentang tindakan yang akan dilaksanakan
    • pasien diberitahu tentang posisi dan sikap pada saat tindakan

5 January 2013

Skripsi Keperawatan:Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Tumbuh Kembang Bayi di Puskesmas Antang Kota Makassar

Novendra Charlie Budiman, “Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Tumbuh Kembang Bayi di Puskesmas Antang Kota Makassar ”, (Dibimbing oleh M. Askar dan Simunati)
48 Halaman + 3 Tabel + 10 Lampiran.

              Kata pertumbuhan sering dikaitkan dengan kata perkembangan, sehingga ada istilah tumbuh kembang. Pertumbuhan merupakan bertambah jumlah dan besarnya sel di seluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur. Perkembangan merupakan perubahan mental yang berlangsung secara bertahap dan dalam waktu tertentu, dari kemampuan yang sederhana menjadi kemampuan yang lebih sulit, misalnya kecerdasan, sikap dan tingkah laku. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran pengetahuan Ibu tentang Tumbuh Kembang Bayi di Puskesmas Antang Kota Makassar. Jenis penelitian deskriptif dengan metode survey, populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang berkunjung ke puskesmas dan membawa bayi sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling, didapatkan 36 responden sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan dari 36 responden yang diteliti, sebanyak 69,4% responden yang memiliki pengetahuan cukup dan 30,6% responden dengan pengetahuan kurang. Disimpulkan bahwa pengetahuan ibu di Puskesmas Antang Kota Makassar tentang Tumbuh Kembang Bayi umumnya memiliki pengetahuan cukup. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkankan kepada Orang tua terlebih khusus ibu haru terus menerus mencari atau mempelajari tumbuh kembang khususnya pada bayi.

Kata kunci : Pengetahuan Ibu, Tumbuh Kembang , Bayi.

Demikian sebuah hasil penelitian Kripsi Keperawatan "Gambaran Pengerahuan Ibu tentang tumbuh kembang
Untuk Skripsi Selengkapnya, hubungu saya di sini

Ikuti dengan Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Informasi terpopuler