Skripsi ; FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN IBU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK BALITA (1-5 TAHUN)



ABSTRAK

Muhammad Yalman Sani. “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN IBU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK BALITA (1-5 TAHUN) DI RSIA SITTI FATIMAH MAKASSAR”
(Pembimbing I : Sitti Nurbaya, Pembimbing II : Hadia).

Peran ibu adalah sebagai “tiang rumah tangga” amatlah penting bagi terselenggaranya rumah tangga yang sakinah yaitu keluarga yang sehat dan bahagia, karena di atas yang mengatur, membuat rumah tangga menjadi surga bagi anggota keluarga, menjadi mitra sejajar yang saling menyayangi bagi suaminya (Heni Wijayanti, 2012). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan terhadap peran ibu dalam menstimulasi perkembangan anak balita (1-5 tahun) di RSIA Sitti Fatimah Makassar. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional, populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak balita (1-5 tahun) di RSIA Sitti Fatimah Makassar. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan 38 responden sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner. Data univariat diolah menggunakan uji Chi-square dengan koreksi Fisher’s exact-test hasil yang bermakna jika nilai p = 0,000 . ketentuan significancy apabila p < 0,05 dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasilnya analisis bivariat menunjukan bahwa pengetahuan (p = 0,040), pendidikan (p = 0,004), pekerjaan (p = 0,025), dan pendapatan (p = 0,052).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan terhadap peran ibu dalam menstimulasi perkembangan anak balita (1-5 tahun) di RSIA Sitti Fatimah Makassar.


Kata Kunci : Peran ibu, pengetahuan, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. 

Untuk mendapatkan skripsi lengkapnya, hubungi disini

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya