13 July 2014

RESUME KEPERAWATAN PNC



RESUME KEPERAWATAN PNC

Nama                           : Ny. M                                    No. Reg           : 01 27 18
Umur                           : 29 tahun                                R. Perawatan: Nifas
Pekerjaan                     : IRT                                        Tgl. Pengkajian: 01 Okt 2007
Agama                         : Islam

 


1.      Masalah keperawatan pada saat pasien di rawat:
a.       Nyeri b/d trauma mekanis (rupture perineum dan afterpain), yang ditandai dengan klien menyatakan adanya nyeri pada abdomen dan nyeri pada bagian perineum, Nyeri kadang-kadang terutama setelah miksi dn melakukan pergerakan klien kadang-kadang tampak meringis saat melakukan pergerakan.
b.      Kurang pengetahuan tentang perawatan diri dan bayinya yang ditandai dengan  ibu menanyakan tentang perawatan bayi dan payudara terutan tali pusat
c.       Resiko tinggi infeksi b.d. adanya luka post partum, Lochia yang bersifat alkali.

2.      Tindakan Keperawatan Selama Dirawat:
a.       Memberikan intervensi baik secara fisik maupun psikis, dalam bentuk tindakan atau anjuran/HE,   untuk membantu ibu mengatasi atau mengurangkan nyeri yang dirasakannya (sesuai intervensi Keperawatan Dx. 1)
b.      Mengkaji tingkat pengetahuan dan memberikan intervensi dalam bentuk HE serta praktek cara perawatan pada ibu dan bayinya agar dapat dijalankan dengan baik oleh ibu (Sesuai intervensi Keperawatan DX 2)
c.       Mencegah terjadinya infeksi  dengan memantau tanda-tanda infeksi, anjuran-anjuran tentang personal hygiene  dan menghindari kontamin dan memutus rantai perkembangbiakan kuman melalui teknik aseptik  dan septic (Sesuai intervensi Keperawatan DX 3).



3.      Evaluasi
a.       Nyeri ibu dapat berkurang pada skala 2
b.      Ibu telah  mengerti dan mempraktekkan perawatan diri  dan bayinya seperti perawatan payudara dan perawatan tali pusat
c.       Ibu masih berisiko mengalami infeksi

4.      Nasehat pada waktu pasien pulang:
a.       Menganjurkan kepada ibu untuk melanjutkan perawatan dirinya dan bayinya dirumah sesuai dengan yang diajarkan termasuk : perawatan luka perineum dan perawatan tali pusat bayinya.
b.      Menganjurkan kepada ibu untuk mengontrol  secara teratur  kondisinya maupun kondisi bayinya serta tetap melakukan senam nifas.
c.       Menjelaskan kepada ibu metode kontrasepsi yang tersedia (kelebihan dan kekurangannya) serta memberi kebebasan baginya untuk menentukan metode yang sesuai untuknya selama masa menyusui.
d.      Menganjurkan kepada ibu untuk dapat mengimunisasi bayinya secara teratur dan lengkap untuk mencegah penyakit-penyakit yang lebih parah seperti TBC, Polio, Tetanus, pertusis , Hepatitis).









No comments:

Post a Comment

Terima kaih atas komentarnya

Ikuti dengan Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Informasi terpopuler